Copyright © Tugas
Design by Dzignine

Monday 25 February 2013

Cara Membuat Blog

Membuat blog sebernarnya langkah-lankahnya sederhana. Jika kalian memunyai koneksi internet dan komputer blog pun dapat terbuat. Saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat blog bagi kalian yang memerlukan.

1. Buka situs Blogspot 

    Jika kalian sudah berada pada halaman awal situs Blogspot maka kalian akan menemukan tombol bertuliskan 'daftar' di pojok kanan atas dan klik tombol tersebut.

2. Isi identitas    

    Setelah mengklik 'daftar' kalian akan diberikan kolom-kolom yang harus diisi berkaitan dengan identitas anda. Tidak perlu khawatir kalau anda belum memiliki akun gmail karena dengan mengisi indentitas tersebut maka anda sekaligus juga membuat akun gmail baru. Seperti yang saya lingkari di bawah ini,

Setelah mengisi semua kolom-kolom yang ada, maka anda tinggal klik 'langkah berikutnya' pada bagian kanan bawah.

3. Menggunakan blogger

Kalian akan menjumpai halaman ini..


 Jangan tergesa-gesa untuk menambahkan foto sebagai foto profil anda karena lebih baik jika anda lewati dulu dan beranjak ke langkah berikutnya. Secara resmi anda sudah memiliki akun di blogger ketika anda berada pada halaman ini..


Klik "lanjutkan ke blogger". Selanjutnya anda perlu membenahi setting pada blog anda.

4. Memberi nama pada blog

Di halaman blogger page anda, anda akan menemukan tombol "New Blog" klik pada tombol tersebut dan akan muncul sebuah tab untuk mengisi nama yang anda senangi sebagai nama blog anda.





  Jika anda telah  menentukan nama yang pas untuk blog anda maka klik "Create Blog".

5. Menentukan Template

Agar blog anda terlihat menarik maka anda harus memilih template yang tersedia di Blogger maupun mendownload di situs-situs lain yang menyediakan template gratis. Jika anda lebih memilih untuk mencoba menggunakan template milik Blogger, maka pada dashboard blogger anda, klik yang saya lingkari di bawah ini,



 Akan terlihat beberapa options ynag muncul, klik pada pilihan "template". Selanjutya anda akan menemui beberapa template dari blogger dan anda hanya cukup untuk klik pada salah satu template ynag anda inginkan dan klik "apply to blog". Secara otomatis blog anda sudah terdesain sesuai template yang anda pilih.

6. Membuat post




Klik pada gambar berwarna oranye di sebelah kanan bergamber pensil untuk memulai post pertama anda.

Tampilan selanjutnya akan terlihat seperti beriku ini,

Sekian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bermaanfat.

No comments:

Post a Comment